Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya

Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya, 

Burung cucak hijau / Greater Green Leafbird (Chloropsis sonnerati. red:ilmiah). Merupakan jenis burung cica-daun dengan ukuran besar yang memiliki ciri khas seluruh badan berwarna hijau. cucak hijau / Greater Green Leafbird (Chloropsis sonnerati) termasuk ke dalam suku Chloropseidae, yang merupakan masih satu kerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp).

Sebagian besar, Cucak Hijau ini bertubuh sedang, dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm. Tubuh burung cucak hijau ditutupi bulu berwarna hijau terang atau hijau daun, namun hanya pada bagian pipi dan tenggorokan yang memiliki perbedaan, yaitu berwarna hitam untuk burung cucak hijau jantan

Perbedaan burung cucak hijau jantan dan cucak hijau betina terdapat pada bagian disekitar tenggorokannya. Cucak hijau jantan memiliki warna hitam disekitar tenggorokannya, sedangkan cucak hijau betina memiliki warna tenggorokan hijau dan agak kekuning-kuningan.

Populasi Burung Cucak Hijau banyak tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatra dan pulau-pulau di sekitarnya, Kalimantan termasuk pula Natuna, Jawa dan Bali.

Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya
Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya

Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya, kicauan burung cucak hijau sangat nyaring dan lantang sekali, bagi sobat kicau mania yang sedang mencari kicau cucak hijau jantan, berikut ini sedikit kami berikan tips dalam pemilihan burung Cucak Hijau Jantan. 

Untuk Burung Cucak Hijau yang masih anakan / bakalan / bahan :

  1. Cucak Hijau Jantan yang masih anakan / bakalan / bahan, jika masih berumur di bawah 4 bulan maka alis yang melingkar di kedua di matanya berwarna kuning
  2. Cucak Hijau Jantan yang masih anakan / bakalan / bahan warna paruh bagian bawah, kalau jantan berwarna coklat tua
  3. Cucak Hijau Jantan yang masih anakan / bakalan / bahan apabila sudah berumur di atas 4-6 bulan warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam, dan di dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh.


Tips Memilih Cucak Hijau Jantan Berkualitas :

  1. Lihat Tubuh Cucak Hijau lebih panjang dan profesional. Besar ekornya mengempal agak kebawah.
  2. Pilih paruh Cucak Hijau yang panjang dan tebal, bertanda bersuara bagus.
  3. Lihat Warna/Postur tubuh burung Cucak Hijau, pilihlah yang Hijau gelap dan bulu bawah mulut hitam gelap samping mulut berwarna biru agak keputihan, kaki Cucak Hijau kering dan tidak bengkok.
  4. Lihatlah Lidah burung Cucak Hijau, dan mulut bagian dalam mulut burung, burung yang bagus harus berwarna hitam.
  5. Cucak Hijau harus memiliki bentuk kuku bengkok, dan runcing.
  6. Apabila sedang bersuara, suara yang dihasilkan nyaring dan lantang, serta ekor bergoyang saat bersuara, dan tenggorokan besar saat berkicau.
  7. Pilih Cucak Hijau dengan keindahan bulu yang kering , mengkilap dan tidak kusam
  8. Cucak Hijau bagus memiliki bentuk kepala yang cepak.
Bagi Sobat Portal Info yang ingin membutuhkan Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya, silakan download dan klik kanan save link as pada tautan link berikut ini :  (baca juga tentang : RENTETAN KICAU CIBLEK GUNUNG)



Sobat Kicau Mania, Silakan tinggalkan komentar, apabila artikel tentang Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya ini bermanfaat untuk Anda.


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Kicau Cucak Hijau Jantan, Koleksi Suaranya"

Back To Top